Wednesday, June 22, 2016

Tersimpan rahasia dibalik MENCIUM TANGAN | Pendidikan Kita

google pict
udamasnilam.blogspot.com / Pendidikan Kita - Sering dijumpai baik di pelosok desa atau di tengah kota akan pemandangan mencium tangan. Entah apa penyebab dan siapa yang dicium perlu dicari tahu kunci sumbernya. Serta manfaat apa yang ditimbulkannya.

Sebenarnya mencium tangan itu berasal dari mana, budaya mana, dan menurut agama bagaimana. Cium tangan adalah budaya timur yang dimana sebagai rasa menghormati dari yang muda ke yang tua, yunior menghargai senior, atasan menghargai bawahan. Bila di pandang dari sisi agama jikalau orang lain menghargai yang lainnya juga dianjurkan, asalkan tidak bersifat nafsu maka boleh.

Walau demikian janganlah menganggap remeh akan efek yang ditimbulkan dari proses mencium tangan, disisi positif sebagai rasa hormat namun perlu diperhatikan juga akan sisi negatifnya. Tangan adalah pembawa kuman, jika seharian orang yang dicium tangannya beraktifitas dengan tidak memperhatikan kebersihan maka bisa menjadi penyakit.

Namun peradaban mencium tangan untuk era maju sekarang ini sudah mulai memudar artinya. Semisal untuk anak sekolah atau anak kuliah mereka memegang tangan guru/dosennya lalu di tempel di pipi atau di kening mereka, bahkan yang lebih mengherankan lagi tangan guru/dosennya yang ditarik sehingga menempel di pipi atau kening, bukanya mereka yang membungkukkan badan di hadapan pemberi ilmu.
Yang di katakan mencium itu adalah meletakkan tangan lawan ke depan mulut atau hidung, bila    di pipi atau dikening maka bukan mencium.

Membungkukkan badan juga merupakan rasa hormat kepada yang disalami, bila yang disalami berdiri tegak dayang menyalami berdiri tegak maka dimana letak rasa hormat itu. Budaya bangsa Indonesia ini memanglah sepele tapi mengandung arti yang sangat luas dan bijaksana. Memang benar apa yang dikatakan orang jawa bila " yen pingen di ajeni wong liyo, ajinono awakmu iku kanthi ngajeni wong liyan (bila ingin dihargai orang lain, rendahkanlah dirimu untuk menghargai orang lain)". Sungguh mulia budaya ini, jadikanlah masyarakat dengan budaya cium tangan sehingga akan timbul rasa menghormati, menghargai akhirnya timbul rasa saling mengasihi. (Sncy)

 

No comments:

Post a Comment