Saturday, August 6, 2016

Gaya Kepemimpinan Yang Mengesankan Bawahan | Pendidikan Kita

udamasnilam.blogspot,com | Pendidikan Kita - Pemimpin adalah seseorang yang menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Apabila metode kepemimpinan yang diterapkan salah maka akan membuat orang lain yang dipimpin menjadai tidak respon terhadap gaya kepemimpinannya. Memang susah bila seseorang ingin menjadi pemimpin dan memimpin orang lain.

Sebelum seseorang mengajak orang lain guna dipimpinnya, maka kenali diri pribadi dulu dan pimpinlah diri sendiri itu. Mampukah? Mari dicoba.Menempatkan diri pribadi menjadi layaknya seorang pemimpin perusahaan yang harus mengendalikan 4 divisi utama yaitu: pikiran, tubuh, perasaan, dan spiritual.
Pikiran berarti mampu mengendalikan pikiran untuk mampu berpikir dengan baik, memiliki daya analisa dan ingatan yang baik, punya kreatifitas dan persepi yang baik pula. Tubuh berarti mampu menjaga tubuh untuk tetap sehat dengan memperhatikan pola makan, rutinitas olahraga, istirahat dan relaksasi yang cukup. Perasaan berarti Anda memiliki kendali terhadap emosi, pola reaksi dan memiliki pilihan-pilihan terbaik terhadap setiap respon yang mempengaruhi emosi Anda. Spiritual berarti memiliki nilai-nilai hidup, tujuan dan hasil akhir yang terjaga dalam koridor keyakinan dan kepercayaan. Hal lain yang juga harus perhatikan dalam memimpin diri sendiri dan kenapa itu menjadi berat adalah adanya kompromidan tidak pernah ada hukuman pada suatu pelanggaran dalam memimpin diri sendiri. Berbeda dengan memimpin orang lain Anda akan tidak kenal kompromi dan selalu ada hukuman terhadap suatu pelanggaran. Ternyata selama ini, kita hanya mengikuti nafsu kita saja. Lebih reaktif daripada proaktif. Padahal untuk bisa memimpin diri sendiri harus bisa membedakan mana diri sendri dan mana nafsu.

Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalahDalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpinakan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya. Jika mau menjadi pemimpin yang baik, inilah caranya : Pemimpin harus yang berinisiatif, bertanggung jawab, dapat dipercaya, jujur, rela berkorban, dan mampu dicintai dan mencintai Kelompoknya. 

Menjadi Pemimpin bukan berarti bisa seenaknya saja memerintah. Sebaliknya, hal yang harus dilakukan seorang pemimpin yang benar yaitu harus bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan orang yang dipimpinnya. Komunikasi di sini artinya komunikasi dua arah, sehingga bawahan bisa menyampaikan pendapat dan bukan sekadar menerima perintah.

Semoga bermanfaat, jika berkenan silahkan Share atau sebarkan ke yang lain.(Sncy)


No comments:

Post a Comment