Saturday, August 6, 2016

MANTAP...! Tantangan Hidupku Adalah Kedua Orang Tuaku | Pendidikan Kita

udamasnilam.blogspot.com | Pendidikan Kita - Sangatlah penting bagi para orang tua bahwa semua ajaran yang diberikan kepada anak-anaknya akan memotivasi diri anak secara alami dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ajaran-ajaran yang sudah diberikan oleh kedua orang tua juga akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan sangat dicintai oleh kedua orang tuanya. Jika anak sudah mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya, orang tua tidak perlu khawatir akan keterlibatan anak-anak mereka dengan kumpulan gangster, drugs, dan kenakalan remaja lainnya.

Yang menjadi bahan persoalan sekarang ini bagaimana perkembangan sang anak jika orang tuannya tidak ada (dalam arti bapak bekerja di luar kota dan ibu ke luar negeri) sedangkan anak hidup dengan keluaraga ortu yang jauh dari bimbingan. Dan hasilnya sekarang banyak ditemui anak yang hilang sopan santun hingga kurang ajar terhadap orang tuanya, tidak mempunyai sikap berbakti bahkan menelantarkan orang tua yang sudah lanjut usia.

Sebagai seorang anak hendaklah tetap bersikap waspada akan pengaruh lingkungan, walau orang tua masih ada dan hidup atau orang tua ada tapi mereka bekerja jauh dan ataupun orang tua yang sudah tiada/meninggal dunia. Orang terdekat disekitar pasti pernah memberikan teladan, bimbingan dan arahan namun tidak akan berpengaruh jika sang anak itu sendiri tidak mau meresponnya.

Urusan kehidupan dunia memanglah sangat membutakan hati manusia yang dimana selalu bersaing dan berlomba memperkaya diri dan berbangga diri dengan harta berlimpah. Memang menjadi manusia kaya adalah dambaan setiap oranng, namun ada satu sisi yang tidak boleh diacuhkan. Ini sangat berpengaruh dan menentukan walau usaha menggapai dunia tidak maksimal, sisi itu adalah membahagiakan orang tua.
Sebagai seorang anak setidaknya ada 10 cara yang cukup sederhana yang dapat dilakukan untuk berbakti atau memuliakan orang tua, termasuk kepada orang tua yang telah tiada.

Lemah Lembut Dalam Bertutur Kata Kepada Orang Tua
Jagalah setiap tutur kata kita sebagai anak agar senantiasa lemah lembut tatkala berbicara kepada orang tua. Jauhi ucapan-ucapan bernada tinggi, apalagi kata-kata kasar.

Ringan Tangan Menjalankan Perintah Orang TuaJika orang tua memerintahkan suatu hal kepada kita, yang mana hal tersebut dapat kita jalankan, maka janganlah menolak atau menunda-nunda jika memang kita tidak memiliki udzur dalam perkara tersebut.
 
Membantu Berbagai Pekerjaan Rumah
Banyak dari kita yang tidak menyadari sebenarnya ada berbagai rutinitas orang tua, terutamanya Ibu yang sebenarnya cukup melelahkan, namun atas dasar tanggung jawab sebagai orang tua, perkara-perkara rutinitas dalam keseharian itu tidak menjadikan mereka berkeluh kesah. Maka tidak ada salahnya bagi kita untuk membantu meringankan beban orang tua tersebut, seperti halnya membantu mencuci piring, menyapu halaman, mengepel lantai, membersihkan rumah dan semisalnya. 

Bersikap Sabar dan Menahan MarahSering kali kita mendengar ucapan dari sekian banyak orang terkait orang tua yang semakin bertambah usia mereka, maka akan semakin ‘rewel’ sikap mereka, seperti anak kecil lagi.
 
Senantiasa Bersikap Sopan dan Santun
Tidak sekedar ucapan yang lemah lembut saja yang harus kita jaga, namun juga disertai dengan sikap sopan dan santun terhadap orang tua.

Memberi Hadiah Kepada Orang Tua
Memberi hadiah tidak haruslah yang mahal, namun yang penting dapat menyenangkan orang tua kita. Betapa orang tua akan merasa dimuliakan anak.

Tidak Menyia-nyiakan Kerja Keras Orang Tua
Anak yang tidak bisa menghargai perjuangan dan kerja keras orang tuanya dalam menafkahi mereka, menyekolahkan mereka. Misalnya : bolos sekolah, menghambur-hamburkan uang pemberian orang tua, malas belajar, dan sikap negatif lainnya yang dilakukan seorang anak.

Merawat Mereka Saat Usia Semakin Renta
Saat kita masih kecil hingga kita dewasa orang tua merawat kita dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Sekarang banyak kita temui, anak-anak yang menaruh orang tuanya di panti jompo dikarenakan mereka lebih memilih menghabiskan semua waktu untuk mengejar nafsu duniawi. 

Doa Anak Yang Shalih Untuk Orang Tua Yang Telah Meninggal

Menjaga Silahturahmi Dengan Kerabat ataupun Teman Orang Tua
Menyambung hubungan dengan teman atau sahabat dari orang tua kita yang telah tiada.

...ingat "AKU BISA SEPERTI SEKARANG INI KARENA USAHA DAN DOA ORANG TUA"
Semoga bermanfaat, sudilah kiranya untuk SHARE.
(Sncy)

No comments:

Post a Comment